Liturgical Calendar

WEJANGAN PAUS FRANSISKUS DALAM DOA MALAIKAT TUHAN DI MALMO, SWEDIA - 1 November 2016 : JADILAH GARAM DAN TERANG

Ketika kita mengakhiri perayaan ini, saya ingin mengungkapkan terima kasih saya kepada Uskup Anders Arborelius dari Stockholm untuk kata-katanya yang baik, dan kepada pihak berwenang sipil dan semua orang yang membantu dalam perencanaan dan pelaksanaan kunjungan ini.

Saya menyampaikan sambutan ramah kepada Presiden dan Sekretaris Jenderal Federasi Lutheran Sedunia, serta Uskup Agung Gereja Swedia. Saya juga menyambut para anggota delegasi ekumenis dan korps diplomatik yang hadir pada kesempatan ini, dan semua orang yang telah bergabung dengan kita dalam perayaan Ekaristi ini.

Saya berterima kasih kepada Allah karena saya mampu mengunjungi negeri ini dan bertemu dengan Anda, banyak dari Anda datang dari seluruh dunia. Sebagai umat Katolik, kita adalah bagian keluarga besar dan berkelanjutan dalam persekutuan yang sama. Saya mendorong Anda untuk mengungkapkan iman Anda dalam doa, dalam sakramen-sakramen, dan dalam pelayanan yang murah hati bagi mereka yang menderita dan membutuhkan. Saya mendorong Anda untuk menjadi garam dan terang, di mana pun Anda menemukan diri Anda, melalui jalan yang Anda hidupi dan bertindak sebagai para pengikut Yesus, dan menunjukkan rasa hormat dan kesetiakawanan yang besar dengan saudara dan saudari kita dari gereja-gereja dan komunitas Kristen lainnya, dan dengan semua orang berkehendak baik.

Dalam kehidupan kita, kita tidak sendirian; kita memiliki bantuan yang terus menerus dan persahabatan Perawan Maria. Hari ini ia berdiri di hadapan kita sebagai yang pertama di antara orang-orang kudus, murid-murid pertama Tuhan. Kita melarikan diri ke perlindungannya dan kepadanya kita menghadirkan kesedihan kita dan kegembiraan kita, ketakutan dan aspirasi kita. Kita menempatkan segala sesuatu di bawah perlindungannya, dalam pengetahuan yang pasti bahwa ia menjaga kita dan peduli untuk kita dengan kasih seorang ibu.

Saudara dan saudari terkasih, saya meminta Anda untuk menjaga saya dalam doa-doa Anda. Saya membuat Anda semua sungguh hadir dalam diri saya.

Sekarang, bersama-sama, marilah kita berpaling kepada Bunda Maria dan berdoa Malaikat Tuhan.