Liturgical Calendar

WEJANGAN PAUS FRANSISKUS DALAM DOA MALAIKAT TUHAN DI KAMPUS MISERICORDIAE (KRAKOW - POLANDIA) 31 JULI 2016

Pada akhir perayaan ini, saya bergabung dengan kalian semua dalam berterima kasih kepada Allah, Bapa kerahiman yang tak terbatas, karena memungkinkan kita mengalami Hari Orang Muda Sedunia ini. Saya berterima kasih kepada Kardinal Dziwisz dan Kardinal Rylko, yang tanpa kenal lelah dalam upaya-upaya mereka untuk membuat Hari ini mungkin, demikian juga, untuk doa-doa yang telah menyertai persiapan-persiapan untuk acara ini ; saya juga berterima kasih kepada semua orang yang telah berkontribusi untuk hasilnya yang sukses. Sebuah kata terima kasih yang agung tertuju kepada kalian, orang-orang muda yang terkasih! Kalian memenuhi Krakow dengan antusiasme iman kalian yang berjangkit. Santo Yohanes Paulus II telah bersukacita dari surga, dan ia akan membantu kalian menyebarkan sukacita Injil di mana-mana.

Pada hari-hari ini, kita telah mengalami keindahan persaudaraan universal kita di dalam Kristus, pusat dan harapan hidup kita. Kita telah mendengar suara-Nya, suara Sang Gembala yang Baik yang tinggal di tengah-tengah kita. Ia telah berbicara kepada kalian masing-masing di dalam hati kalian. Ia telah memperbaharui kalian dengan kasih-Nya dan Ia telah menunjukkan kepada kalian cahaya pengampunan-Nya, kekuatan rahmat-Nya. Ia telah membuat kalian mengalami kenyataan doa. Hari-hari ini telah memberikan kalian sebuah "penghirupan udara segar" rohani yang akan membantu kalian menghayati kehidupan kerahiman segera setelah kalian kembali ke negara-negara dan komunitas-komunitas kalian sendiri.

Di sini, di samping altar, berada gambar Perawan Maria yang dihormati oleh Santo Yohanes Paulus II di tempat suci Kalwaria. Maria, Bunda kita, mengajarkan kita bagaimana kita bisa menjadikan pengalaman kita di sini di Polandia produktif. Ia mengatakan kepada kita untuk melakukan apa yang ia lakukan : jangan menyia-nyiakan karunia yang telah kalian terima, tetapi menyimpannya dalam hati kalian sehingga ia dapat tumbuh dan berbuah, dengan bantuan Roh Kudus. Dengan cara ini, kalian masing-masing, karena semua keterbatasan dan kegagalan kalian, dapat menjadi seorang saksi Kristus di mana pun kalian tinggal : di rumah, di paroki-paroki kalian, dalam lembaga-lembaga dan kelompok-kelompok kalian, dan tempat-tempat studi, pekerjaan, pelayanan, hiburan kalian ... di mana pun pemeliharaan Allah akan menuntun kalian.

Pemeliharaan Allah selalu merupakan satu langkah di depan kita. Pikirkanlah : ia sudah menentukan penghentian berikutnya dalam peziarahan agung ini dimulai pada tahun 1985 oleh Santo Yohanes Paulus II! Jadi sekarang saya senang mengumumkan bahwa Hari Orang Muda Sedunia berikutnya - dua tahun kemudian yang akan diselenggarakan pada tingkat keuskupan - akan berlangsung pada tahun 2019 di Panama.

Saya mengundang para Uskup Panama untuk mendekat, dan bergabung dengan saya dalam memberikan berkat.

Percaya pada perantaraan Maria, marilah kita meminta Roh Kudus untuk mencerahkan dan menopang perjalanan orang-orang muda dalam Gereja dan dalam dunia, serta menjadikan kalian murid-murid dan saksi-saksi kerahiman Allah.

Dan sekarang marilah kita mendaraskan bersama-sama doa Malaikat Tuhan ...