Liturgical Calendar

WEJANGAN PAUS FRANSISKUS DALAM DOA RATU SURGA 3 April 2016 : TENTANG PENDERITAAN DI UKRAINA

Pada hari ini yaitu, seakan-akan, jantung Tahun Suci Kerahiman, pikiran saya tertuju ke seluruh penduduk yang haus akan pendamaian dan perdamaian.

Saya memikirkan khususnya gejolak, di sini di Eropa, orang-orang yang menderita akibat kekerasan di Ukraina : semua orang yang tetap tinggal di negeri yang babak belur oleh permusuhan yang telah mengakibatkan ribuan kematian, dan semua orang, lebih dari satu juta orang, yang telah terlantar akibat situasi genting yang sedang berlangsung di sana. Orang tua dan anak-anak adalah orang-orang yang terutama terpengaruh. Selain mendampingi mereka dengan pikiran dan doa saya yang terus-menerus, saya merasa perlu untuk mempromosikan bantuan kemanusiaan bagi mereka. Sebuah pengumpulan khusus untuk kasus ini akan dilakukan di seluruh gereja Katolik Eropa pada hari Minggu, 24 April 2016.

Saya mengundang umat beriman untuk mempersatukan diri mereka kepada prakarsa Paus ini dengan sebuah sumbangan. Gerakan amal ini, selain untuk menghilangkan penderitaan jasmani, juga mengungkapkan kepada Ukraina kedekatan dan kesetiakawanan pribadi saya sendiri serta kedekatan dan kesetiakawanan seluruh Gereja.

Saya sangat menginginkan bahwa tanpa penundaan hal ini dapat membantu untuk mempromosikan perdamaian dan menghormati hukum di negeri yang sangat dicobai itu.

Dan sementara kita berdoa bagi perdamaian, marilah kita ingat bahwa besok adalah Hari Internasional untuk Kesadaran dan Bantuan Pertambangan dalam Kegiatan Pertambangan. Terlalu banyak orang terus terbunuh atau termutilasi oleh senjata-senjata yang mengerikan ini, dan para laki-laki dan perempuan yang berani mempertaruhkan hidup mereka untuk daerah-daerah penghilangan ranjau darat. Tolong, marilah kita memperbaharui upaya-upaya kita terhadap dunia penghilangan ranjau darat.
 
Untuk mengakhiri, saya mengirimkan salam saya kepada semua pihak yang telah ikut serta dalam perayaan ini, terutama kelompok-kelompok yang menumbuhkan spiritualitas Kerahiman Ilahi. Marilah kita bersama-sama berdoa kepada Bunda kita.

[Pendarasan doa Ratu Surga dan berkat apostolik]