Liturgical Calendar

WEJANGAN PAUS FRANSISKUS DALAM AUDIENSI UMUM 8 April 2015 : TENTANG PENDERITAAN YANG DIALAMI ANAK-ANAK

Saudara dan saudari terkasih, selamat pagi!

Kita menyelesaikan hari ini, katekese tentang keluarga, permenungan tentang anak-anak, yang merupakan buah berkat yang paling indah yang telah diberikan Sang Pencipta kepada laki-laki dan perempuan. Kita telah berbicara tentang karunia besar anak-anak; hari ini, sayangnya, kita harus berbicara tentang "kisah-kisah sengsara" yang dijalani banyak dari mereka.

Begitu banyak anak-anak yang ditolak dari awal, diterlantarkan, dirampok masa kanak-kanak mereka dan masa depan mereka. Beberapa mungkin berani mengatakan, hampir-hampir untuk membenarkan diri mereka sendiri, bahwa itu adalah sebuah kekeliruan menjadikan mereka datang ke dalam dunia. Ini memalukan! Silakan, jangan membongkar kekeliruan kita pada anak-anak! Anak-anak tidak pernah merupakan sebuah "kekeliruan". Kelaparan mereka bukanlah sebuah kekeliruan, seperti juga kemiskinan mereka, kerapuhan mereka, pencampakkan mereka - begitu banyak yang diterlantarkan di jalanan; juga bukan karena ketidaktahuan atau ketidakmampuan mereka - ada begitu banyak anak-anak yang tidak tahu apa itu sekolah. Jika ada, ini adalah alasan-alasan untuk lebih mengasihi mereka, dengan kemurahan hati yang lebih besar. Apa yang sedang kita lakukan dalam deklarasi resmi hak-hak manusia dan hak-hak anak, jika kita kemudian menghukum anak karena kekeliruan orang dewasa?

Mereka yang memiliki tugas untuk mengatur, mendidik - namun saya akan mengatakan kepada kita semua orang-orang dewasa bertanggung jawab terhadap anak-anak dan kepada kita masing-masing untuk melakukan apa yang ia bisa untuk mengubah situasi ini. Saya mengacu pada "kesengsaraan" anak-anak. Setiap anak yang terpinggirkan, yang diterlantarkan yang tinggal di jalanan mengemis dan dengan segala macam perangkat, tanpa sekolah, tanpa perawatan kesehatan, adalah sebuah tangisan yang naik kepada Allah dan yang menggugat sistem yang telah dibangun oleh kita orang-orang dewasa. Dan, sayangnya, anak-anak ini adalah korban para penjahat, yang mengeksploitasi mereka untuk lalu lintas atau perdagangan yang tidak layak, atau melatih mereka untuk peperangan dan kekerasan. Namun, dalam apa yang disebut negara-negara kaya begitu banyak anak-anak juga menjalani drama yang menandai mereka dengan jalan yang berat, oleh karena krisis keluarga, krisis kekosongan pendidikan dan krisis kondisi kehidupan yang kadang-kadang tidak manusiawi. Dalam setiap kasus mereka adalah anak-anak yang dilanggar dalam jiwa dan raga. Namun, Bapa yang ada di surga tidak melupakan satu kasus pun dari anak-anak ini! Tidak satu pun air mata mereka hilang! Ataupun juga tidak menghilangkannya adalah tanggung jawab kita, tanggung jawab sosial orang-orang, kita masing-masing, dan negara-negara.

Setelah Yesus menegur para murid-Nya karena mereka sedang mengusir anak-anak yang sedang dibawa para orang tua kepada-Nya, agar mereka diberkati oleh-Nya. Kisah Injil sedang bergerak: "Lalu orang membawa anak-anak kecil kepada Yesus, supaya Ia meletakkan tangan-Nya atas mereka dan mendoakan mereka; akan tetapi murid-murid-Nya memarahi orang-orang itu. Tetapi Yesus berkata: 'Biarkanlah anak-anak itu, janganlah menghalang-halangi mereka datang kepada-Ku; sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Sorga'. Lalu Ia meletakkan tangan-Nya atas mereka dan kemudian Ia berangkat dari situ" (Mat 19:13-15). Alangkah indahnya kepercayaan dari para orang tua ini, dan jawaban Yesus! Saya betapa ingin menyukai halaman ini menjadi cerita lumrah seluruh anak-anak! Memang benar bahwa, syukur kepada Allah, anak-anak dengan kesulitan-kesulitan serius sangat sering memiliki para orang tua yang luar biasa, siap sedia untuk pengorbanan apapun dan setiap kemurahan hati. Namun, para orang tua ini tidak boleh dibiarkan sendirian! Kita harus mendukung upaya mereka, tetapi juga menawarkan mereka saat-saat berbagi sukacita dan kebahagiaan tanpa kekhawatiran, sehingga mereka bukan hanya mangsa dari rutinitas yang bersifat pengobatan.

Dalam kasus apapun, ketika itu adalah sebuah pertanyaan dari anak-anak, kita seharusnya tidak mendengar rumusan-rumusan pembelaan resmi tugas seperti demikian : "bagaimana pun juga, kita bukan sebuah badan kesejahteraan"; atau "dalam keleluasaan pribadi, masing-masing orang bebas untuk melakukan apa yang ia inginkan"; ataupun "kita tidak menyukainya, kita tidak bisa berbuat apa-apa". Kata-kata ini tidak benar ketika itu adalah sebuah pertanyaan dari anak-anak.

Terlalu sering pengaruh-pengaruh dari sebuah kehidupan dipertegang oleh pembayaran pekerjaan yang buruk atau tidak menentu, pengaruh-pengaruh atau buruk dibayar, jam kerja yang tidak berkelanjutan, atau transportasi yang tidak efisien, jatuh pada anak-anak ... Tetapi anak-anak juga membayar harga dari kesatuan-kesatuan yang belum matang dan keterpisahan-keterpisahan yang tidak bertanggung jawab: mereka adalah korban-korban pertama; mereka menderita keberhasilan dari budaya hak-hak pokok yang menjengkelkan, dan mereka kemudian menjadi anak-anak yang paling dewasa sebelum waktunya. Seringkali mereka menyerap kekerasan yang mereka tidak dapat "cerna", dan di bawah mata orang dewasa mereka dipaksa menjadi terbiasa terhadap keburukan.

Pada masa kita juga, seperti di masa lalu, Gereja menempatkan keibuannya pada pelayanan anak-anak dan pelayanan keluarga-keluarga mereka. Ia membawakan para orang tua dan anak-anak berkat, kelembutan keibuan, teguran tegas dan kecaman yang menentukan dari Pada waktu kita juga, seperti di masa lalu, Gereja menempatkan bersalin nya untuk melayani anak-anak dan keluarga mereka. Dia membawa kepada orang tua dan anak-anak berkat, kelembutan keibuan, teguran keras dan kecaman tegas duniawi dari Allah kita ini. Kita tidak bercanda dengan anak-anak.

Memikirkan akan seperti apa sebuah masyarakat yang pernah memutuskan dan bagaimanapun juga membangun prinsip ini : "Memang benar bahwa kita tidak sempurna dan bahwa kita membuat banyak kesalahan. Namun, ketika itu adalah sebuah pertanyaan dari anak-anak yang datang ke dalam dunia, tidak ada pengorbanan orang dewasa yang dianggap terlalu mahal atau besar, untuk menghindari seorang anak berpikir bahwa ia adalah sebuah kesalahan, bahwa ia tidak memiliki nilai dan bahwa ia diterlantarkan dengan luka-luka kehidupan dan dengan arogansi manusia". Alangkan indahnya sebuah masyarakat seperti itu! Saya mengatakan bahwa banyak kekeliruan akan diampuni oleh sebuah masyarakat seperti itu, kekeliruan-kekeliruannya yang tak terhitung jumlahnya - benar-benar banyak kekeliruan.

Tuhan menilai kehidupan kita dengan mendengarkan apa yang dikatakan para malaikat tentang anak-anak, para malaikat yang "selalu memandang wajah Bapa yang di sorga" (bdk. Mat 18:10). Kita harus selalu bertanya kepada diri kita sendiri : Apa yang akandikatakan para malaikat anak-anak kepada Allah tentang kita?

*************

[Penutur]

Saudara dan saudari terkasih : Hari ini kita melanjutkan permenungan kita tentang anak-anak, berkat terbesar yang telah dianugerahkan Allah pada laki-laki dan perempuan. Saya ingin memusatkan perhatian kita pada penderitaan yang sedang dialami banyak anak-anak. Dari saat-saat pertama kehidupan mereka, ada yang ditolak, ditinggalkan, dan dirampok masa kanak-kanak dan masa depan mereka. Ada orang yang mengatakan itu adalah sebuah kesalahan membawa anak-anak ini ke dalam dunia, disebabkan oleh kerapuhan mereka, serta kelaparan dan kemiskinan yang mereka derita. Tetapi anak-anak tidak pernah merupakan sebuah kesalahan, dan penderitaan mereka hanya alasan bagi kita untuk mengasihi mereka bahkan lebih.

Setiap anak yang meminta-minta di jalan-jalan, yang tidak bisa menikmati sebuah pendidikan atau perawatan medis, adalah sebuah tangisan kepada Allah. Terlalu sering, anak-anak ini menjadi korban para penjahat, yang mengeksploitasi mereka untuk perdagangan atau kekerasan. Bahkan di negara-negara kaya, mereka menderita oleh karena krisis keluarga dan kondisi hidup yang kadang-kadang tidak manusiawi. Dalam setiap kasus, masa kecil mereka dilanggar dalam raga dan jiwa. Bagaimana Yesus menanggapi anak-anak tersebut dan para orang tua mereka yang membawa mereka kepada-Nya: "Biarkanlah anak-anak itu .... datang kepada-Ku sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Sorga" (Mat 19:14). Alangkah indahnya kepercayaan dari para orang tua tersebut, dan tanggapan Yesus! Dan ada banyak orang tua yang luar biasa yang setiap hari berkorban untuk anak-anak mereka.

Gereja menawarkan kepedulian keibuannya untuk semua anak-anak dan keluarga-keluarga mereka, dan ia membawakan mereka berkat Yesus. Semoga kita selalu peduli pada anak-anak kita, tidak menghitung biaya, sehingga mereka tidak pernah bisa mempercayai diri mereka merupakan kesalahan, tetapi selalu tahu nilai mereka yang tak terbatas.

**************

Bapa Suci memberikan sambutan kepada para pendengar berbahasa Inggris

[Penutur]

Saya menawarkan salam sayang untuk semua peziarah dan pengunjung berbahasa Inggris yang hadir pada Audiensi hari ini, termasuk dari Inggris, Irlandia, Swedia, Nigeria, Jepang, Thailand, Kanada dan Amerika Serikat. Semoga Tuhan yang bangkit meneguhkan Anda dalam iman dan menjadikan Anda saksi-saksi kasih dan belas kasih-Nya kepada semua orang. Semoga Tuhan memberkati Anda!

***************

[Pada akhir audiensi, Paus Fransiskus memberikan sambutan ini dalam Bahasa Italia]

Saya memberikan sambutan hangat kepada para peziarah berbahasa Italia. Saya senang menerima anak-anak muda pengaku iman dari Milan dan para remaja dari Keuskupan Cremona: saya menasihatkan kalian untuk selalu menghayati iman dengan antusiasme dan tidak kehilangan harapan dalam Tuhan yang bangkit, yang memenuhi kehidupan kita dengan sukacita dan kebahagiaan. Saya menyambut para Diakon dari Serikat Yesus dan para Redemptoris, menasihati masing-masing orang untuk menjadi saksi kasih Yesus dan kesetiaan kepada Gereja. Saya menyambut lembaga-lembaga dan kelompok-kelompok paroki, khususnya umat Canosa di Puglia, pada kesempatan Tahun Yubileum santo pelindung mereka Santo Sabino.

Sebuah pikiran tertentu tertuju kepada orang-orang muda, orang-orang sakit dan para pengantin baru. Semoga pemberitaan Paskah terus membuat hati Anda membara di dada Anda, sebagai murid-murid Emaus: orang-orang muda yang terkasih, hanya Tuhan Yesus yang dapat menanggapi sepenuhnya cita-cita kebahagiaan dan kebaikan dalam hidup Anda; orang-orang sakit yang terkasih, tidak ada penghiburan yang lebih indah untuk penderitaan Anda daripada kepastian Kebangkitan Kristus; dan Anda, para pengantin baru yang terkasih, hayati perkawinan Anda dalam kepatuhan nyata terhadap Kristus dan terhadap ajaran-ajaran Injil.