Liturgical Calendar

WEJANGAN PAUS FRANSISKUS DALAM AUDIENSI UMUM 4 Februari 2015 : TENTANG PERAN POSITIF PARA AYAH

Saudara dan saudari terkasih,

Hari ini saya ingin mengembangkan bagian kedua permenungan tentang sosok ayah dalam keluarga. Terakhir kali saya berbicara tentang bahaya "ketidakhadiran" ayah. Hari ini, sebaliknya, saya ingin melihat aspek positifnya. Santo Yosef juga tergoda untuk meninggalkan Maria, ketika ia menemukan bahwa dia hamil, tetapi Malaikat Tuhan campur tangan dan mengungkapkan rencana Allah dan perutusan-Nya mengenai ayah angkat. Dan Yusuf, seorang yang benar, "mengambilnya sebagai istri" (Mat 1:24) dan menjadi ayah dari Keluarga Nazaret.

Setiap keluarga membutuhkan seorang ayah. Hari ini kita merenungkan nilai perannya, dan saya ingin mulai dari beberapa ungkapan yang ditemukan dalam Kitab Amsal, kata-kata yang dialamatkan seorang ayah kepada anaknya: "Hai anakku, jika hatimu bijak, hatiku juga bersukacita. Jiwaku bersukaria, kalau bibirmu mengatakan yang jujur" (Amsal 23:15-16).

Orang tidak bisa mengungkapkan dengan lebih baik kebanggaan dan emosi seorang ayah yang menyadari bahwa ia telah meneruskan kepada anaknya apa yang benar-benar penting dalam kehidupan, yaitu hati yang bijaksana. Ayah ini tidak mengatakan: "Saya bangga padamu karena kamu, pada kenyataannya, seperti saya, karena kamu mengulangi hal-hal yang saya katakan dan lakukan". Tidak, ia mengatakan sesuatu yang jauh lebih penting baginya, yang kita dapat tafsirkan demikian: "saya akan senang setiap kali saya melihat kamu bertindak dengan bijak, dan saya akan tergerak setiap kali saya mendengar kamu mengatakan apa yang jujur. Ini adalah apa yang saya ingin tinggalkan bagimu, sehingga itu akan menjadi sesuatu kepunyaanmu: sikap merasa dan bertindak, berbicara dan menilai dengan kebijaksanaan dan kebenaran. Dan sehingga kamu akan dapat menjadi seperti ini, saya mengajarkan kamu hal-hal yang kamu tidak ketahui, saya membetulkan kesalahan-kesalahan yang kamu tidak lihat. Saya menjadikan kamu merasa mendalam dan, pada saat yang sama, kasih sayang yang bijak, yang mungkin kamu tidak kenali sepenuhnya ketika kamu masih muda dan ragu-ragu. Saya memberimu sebuah kesaksian tentang ketelitian dan ketegasan, yang mungkin tidak kamu mengerti, ketika kamu hanya akan mengharapkan keterlibatan dan perlindungan. Saya harus menempatkan diri saya pertama-tama pada ujian kebijaksanaan hati, dan untuk mengawasi sentimen dan kebencian yang berlebihan, menanggung beban kesalahpahaman yang tak terhindarkan dan menemukan kata-kata yang tepat untuk menjadikan diri saya mengerti. Sekarang, ketika saya melihat bahwa kamu berusaha untuk menjadi seperti ini bersama anak-anakmu, dan bersama semua orang, saya tergerak. Saya senang menjadi ayahmu". Dan itulah yang dikatakan seorang ayah yang bijak, seorang ayah yang dewasa.

Seorang ayah sangat menyadari berapa biaya untuk meneruskan warisan ini: berapa banyak kedekatan, berapa banyak kelembutan dan berapa banyak ketegasan. Namun, penghiburan apa dan hadiah apa yang diterima ketika anak-anak menghormati warisan ini! Sukacitalah yang mengganti rugi setiap usaha, yang melampaui segala kesalahpahaman dan menyembuhkan setiap luka.

Oleh karena itu, kebutuhan pertama sebenarnya ini: bahwa ayah hadir dalam keluarga. Bahwa ia dekat dengan istrinya, untuk berbagi segala sesuatu - suka dan duka, upaya dan harapan. Dan bahwa ia dekat dengan anak-anak dalam pertumbuhan mereka: ketika mereka bermain dan ketika mereka sibuk, ketika mereka riang dan ketika mereka sedih, ketika mereka mengungkapkan diri mereka dan ketika mereka diam, ketika mereka beresiko dan ketika mereka takut, ketika mereka mengambil langkah yang salah dan ketika mereka menemukan jalan lagi. Seorang ayah yang hadir, selalu! Tetapi hadir tidak sama dengan mengendalikan. Karena para ayah yang terlalu mengendalikan tidak mengindahkan anak-anak, mereka tidak membiarkan mereka tumbuh.

Injil berbicara kepada kita tentang keteladanan Bapa yang ada di surga - satu-satunya, kata Yesus, yang dapat benar-benar disebut "Bapa yang baik" (bdk Mrk 10:18). Semua orang tahu perumpamaan yang luar biasa itu disebut "Anak yang Hilang", atau lebih baik disebut "Bapa yang Penuh Belas Kasih", yang ditemukan dalam Injil Lukas (bdk 15:11-32). Berapa banyak martabat dan berapa banyak kelembutan dalam penantian bapa, yang berada di depan pintu rumahnya menunggu anak laki-lakinya kembali! Para ayah harus bersabar, berkali-kali tidak ada lagi yang bisa dilakukan selain menunggu. Berdoa dan menunggu dengan kesabaran, kelemahlembutan, kemurahan hati dan belas kasihan.

Seorang ayah yang baik mampu menunggu dan mengampuni dari kedalaman hatinya. Tentu saja, ia juga mampu membetulkan dengan ketegasan: ia bukan seorang ayah yang lemah, selalu mengalah dan perasa. Ayah yang mampu membetulkan tanpa mengecilkan adalah orang yang sama yang mampu melindungi tanpa lelah. Suatu kali, saya mendengar seorang ayah, dalam sebuah pertemuan dengan pasangan yang sudah menikah, berkata:. "Saya, kadang-kadang, harus sedikit memukul anak saya, tetapi tidak pernah di wajah, tidak merendahkannya. Betapa indahnya! Ia memahami rasa harga diri! Ia harus menghukum tetapi apakah itu adil dan bergerak maju.

Oleh karena itu, jika ada seseorang yang bisa menjelaskan secara mendalam doa "Bapa Kami," yang diajarkan oleh Yesus, itu sebenarnya orang yang menghayati kebapaan secara pribadi. Tanpa rahmat yang berasal dari Bapa yang ada di Surga, para ayah kehilangan keberanian dan meninggalkan lapangan. Namun, anak-anak yang butuh menemukan seorang ayah yang menunggu mereka ketika mereka kembali dari kegagalan-kegagalan mereka. Mereka akan melakukan segalanya untuk tidak mengakuinya, tidak membuatnya terlihat, tetapi mereka menbutuhkan dia dan tidak menemukan dia membuka di dalam diri mereka luka-luka yang sulit disembuhkan.

Gereja, Bunda kita, berkomitmen untuk mendukung bersama seluruh kekuatannya kehadiran yang baik dan murah hati para ayah dalam keluarga-keluarga, karena mereka, untuk generasi-generasi baru, penjaga-penjaga yang tak tergantikan dan perantara iman dalam kebaikan, dalam keadilan dan dalam perlindungan Allah, seperti Sanot Yosef.

******************

[Penutur]
Saudara dan saudari terkasih: Dalam katekese kita tentang keluarga, kita telah merenungkan martabat dan peran para ayah. Kitab Amsal berbicara tentang sukacita dan kebanggaan yang dirasakan para ayah ketika mereka melihat anak-anak mereka dewasa dalam kebijaksanaan dan kejujuran (bdk. Amsal 23:15-16). Kata-kata ini meringkas peran menuntut tetapi tak terpisahkan dari para ayah dalam keluarga dan masyarakat secara keseluruhan. Seorang ayah yang baik mengajar anak-anaknya dengan memberikan teladan kasih dan perpaduan sehari-hari. Ia harus terlebih dahulu mendisiplinkan hatinya sendiri untuk menghadapi dengan sabar bersama anak-anaknya dalam pertumbuhan mereka hingga dewasa. Dalam masyarakat seperti masyarakat kita sendiri, di mana sosok-sosok ayah sering tidak hadir, adalah penting bagi para ayah untuk hadir dan terlibat penuh dalam kehidupan keluarga. Yesus menunjuk kepada Allah Bapa kita sebagai model seluruh kebapaan. Seperti ayah dari anak yang hilang, Allah menunggu dengan sabar bagi anak-anaknya untuk kembali ke rumah; dengan belas kasih dan pengampunan ia selalu ada untuk menyambut mereka kembali setiap kali mereka tersesat. Sebagai para ayah Kristiani berusaha, seperti Santo Yosef, untuk melindungi anak-anak mereka dan mengajarkan mereka kebijaksanaan, iman dan perpaduan, semoga mereka selalu mengalami rasa terima kasih, apresiasi dan dukungan kita.

Paus Fransiskus (dalam bahasa Italia):

Saya menyambut para peziarah dan pengunjung berbahasa Inggris yang ambil bagian dalam audiensi hari ini, termasuk dari Inggris, Wales, Finlandia, Sri Lanka dan Amerika Serikat. Atas Anda dan keluarga-keluarga Anda, saya dengan hormat memanggil sukacita dan damai dalam Tuhan Yesus. Tuhan memberkati Anda semua!

*******************

Saya memberikan sambutan hangat kepada para peziarah berbahasa Italia. Saya senang menerima para Uskup yang ambil bagian dalam kongres yang dipromosikan oleh Komunitas Sant'Egidio dan para perempuan religius yang ambil bagian dalam proses pembentukan yang diselenggarakan oleh International Center of Missionary Leadership. Saya berharap bahwa iman Anda kepada Tuhan dihidupkan kembali dan agar Anda memberikan dengan antusiasme yang diperbaharui ketegangan injili menuju pinggiran dan orang yang terabaikan. Saya menyambut para imam Keuskupan Padua; Pro Loco dari Avezzano dan semua orang yang berkumpul pada kesempatan seratus tahun gempa bumi yang menghancurkan dari Marsica, serta Rotary Club dari Roma, yang disertai oleh Andrea Kardinal di Montezemolo, dan Lembaga, dan LembagaTangan Bersatu dari Taormina. Semoga kunjungan ke Makam para Rasul membantu perkembangan dalam semua kepatuhan yang diperbaharui untuk Injil, kesetiakawanan yang tulus terhadap saudara-saudara dan penemuan kembali harapan Kristiani.

Saya menyambut para imam dari Keuskupan Padua; Pro Loco of Avezzano dan semua orang yang berkumpul pada kesempatan seratus tahun gempa bumi dari Marsica, serta Rotary Club dari Roma, yang disertai oleh Andrea Kardinal Andrea di Montezemolo, dan Asosiasi Serikat Tangan dari Taormina. Semoga kunjungan ke makam para Rasul dalam semua kepatuhan bagi Injil yang dibaharui kesetiakawanan yang tulus terhadap saudara dan penemuan kembali harapan Kristiani.

Saya pikir khusus pergi ke orang-orang muda, orang sakit dan pengantin baru. Besok kita merayakan Memoria dari Saint Agata, perawan dan martir. Semoga keberadaannya yang muda membuat Anda mengerti, orang-orang muda yang terkasih, nilai kehidupan yang dijalani bagi Allah; mungkin dia bisa dihancurkan iman membantu Anda, sayang sakit, untuk mempercayai Tuhan di saat-saat ketidaknyamanan; dan mungkin kekuatannya dalam kemartiran menunjukkan kepada Anda, pengantin baru sayang, nilai-nilai yang benar-benar menghitung untuk kehidupan keluarga.

Saya secara khusus pergi ke orang-orang muda, orang-orang sakit dan para pengantin baru. Besok kita merayakan Peringatan Santo Agata, perawan dan martir. Semoga keberadaan mudanya membuat Anda memahami, orang-orang muda yang terkasih, nilai sebuah kehidupan yang dijalani bagi Allah; semoga imannya  yang tak dapat dihancurkan membantu Anda, orang-orang sakit yang terkasih, mempercayai Tuhan di saat-saat ketidaknyamanan; dan semoga kekuatannya dalam kemartiran menunjukkan kepada Anda, para pengantin baru yang terkasih, nilai-nilai yang benar-benar memperhitungkan kehidupan keluarga.

SERUAN
Sekali lagi pikiran saya tertuju kepada orang-orang Ukraina yang tercinta. Sayangnya, situasi sedang memburuk dan pertentangan di antara pihak-pihak semakin meruncing. Kita berdoa, pertama-tama, bagi para korban, di antara mereka ada banyak warga sipil, dan bagi keluarga-keluarga mereka, dan kita berdoa kepada Tuhan agar kekerasan perang saudara yang mengerikan ini akan segera berakhir. Saya memperbaharui seruan patah hati saya agar setiap upaya dilakukan - juga di tingkat internasional - untuk memulai kembali dialog, satu-satunya cara yang mungkin untuk membawa perdamaian dan keselarasan di negeri yang teraniaya itu.

Saudara dan saudari, ketika saya mendengar kata-kata "kemenangan" atau "kekalahan", saya merasakan sakit yang luar biasa, kesedihan yang luar biasa dalam hati saya. Mereka bukan kata-kata yang tepat. Satu-satunya kata yang tepat adalah kedamaian! Ini adalah satu-satunya kata yang tepat!

Saya memikirkan Anda, saudara dan saudari warga Ukraina. Kendati memikirkan hal ini, ini adalah sebuah perang di antara orang-orang Kristiani! Anda memiliki Baptisan Anda, Anda sedang berjuang di antara orang-orang Kristiani! Pikirkanlah tentang hal ini, skandal ini! Dan marilah kita berdoa agar doa boleh menjadi bantahan kita di hadapan Allah di masa-masa peperangan.