Liturgical Calendar

WEJANGAN PAUS FRANSISKUS DALAM DOA MALAIKAT TUHAN 7 September 2014 : TENTANG TEGURAN PERSAUDARAAN



Saudara dan saudari terkasih, hari yang baik!
Injil hari Minggu ini, yang diambil dari Injil Matius bab 18, menyajikan tema koreksi persaudaraan dalam komunitas orang percaya. Yesus mengajarkan kita bahwa jika saudara saya berdosa terhadap saya, saya harus menggunakan amal terhadapnya dan, pertama-tama, berbicara dengannya secara pribadi, menjelaskan bahwa apa yang ia katakan atau lakukan tidak baik. Dan jika saudara tersebut tidak mendengarkan saya? Yesus menganjurkan campur tangan tahap demi tahap : pertama, kembalilah dengan dua atau tiga orang lain untuk membuatnya lebih sadar akan kesalahan yang telah ia buat. Jika, kendati ini, ia tidak menerima nasihat tersebut, saya perlu memberitahu komunitas. Dan jika ia bahkan tidak sudi mendengarkan komunitas, saya harus membuatnya merasa patah tulang dan terlepas yang ia sendiri telah sebabkan, karena gagal dalam persekutuan dengan saudara dan saudari seiman kita.

Tahapan-tahapan rute ini menunjukkan upaya Tuhan meminta komunitas-Nya untuk menemani mereka yang melakukan kesalahan, sehingga mereka tidak hilang. Pertama-tama perlulah menghindari kegegeran berita dan pergunjingan komunitas : "Pergilah dan tegurlah dia di bawah empat mata" (ayat 15). Sikap santun, kehati-hatian, kerendahan hati, dan perhatian terhadap mereka yang telah melakukan kejahatan, menghindari bahwa kata-kata bisa melukai dan membunuh saudara tersebut. Karena, Anda tahu, eh? Bahkan kata-kata membunuh! Ketika saya membuat kritik yang tidak adil, ketika saya "mengutuk" seorang saudara dengan lidah saya, hal ini sedang membunuh reputasi orang lain! Bahkan kata-kata membunuh! Mari kita serius tentang hal ini ... Pada saat yang sama keleluasaan ini memiliki tujuan tidak perlunya mempermalukan orang berdosa. Dua orang berbicara, tak seorang pun memberitahu dan itu semua berakhir. Mengingat kebutuhan inilah, yang juga mencakup rangkaian campur tangan ini, yang mencakup melibatkan beberapa saksi dan kemudian bahkan komunitas. Tujuannya adalah untuk membantu orang menyadari apa yang telah dilakukannya, dan dengan dosanya, ia menyinggung tidak hanya satu orang, tapi semua. Tetapi juga membantu kita - kita - untuk membebaskan diri dari kemarahan atau kebencian yang hanya melukai : kepahitan hati itu yang membawa kemarahan dan kebencian, dan itu membawa kita menghina dan menyerang. Tetapi sangatlah buruk melihat hal ini keluar dari mulut seorang Kristiani sebagai sebuah penghinaan atau sebuah serangan! Ini buruk! Paham? Tidak ada penghinaan! Menghina tidak bersifat Kristiani!

Bahkan, di hadapan Allah kita semua adalah orang-orang berdosa dan membutuhkan pengampunan. Setiap orang! Bahkan, Yesus memberitahu kita untuk tidak menghakimi. Koreksi persaudaraan adalah perkara kasih dan persekutuan yang harus berlaku dalam komunitas Kristiani, merupakan pelayanan timbal balik yang dapat dan harus kita lakukan satu sama lain. Dan adalah mungkin dan efektif hanya jika setiap orang adalah seorang berdosa dan membutuhkan pengampunan Tuhan. Hati nurani yang sama yang membuat saya mengenali kesalahan orang lain, terlebih dahulu mengingatkan saya bahwa saya telah begitu banyak  keliru dan berbuat salah.

Karena alasan ini, pada awal Misa, setiap kali kita diminta untuk mengakui bahwa kita adalah orang-orang berdosa di hadapan Tuhan, mengungkapkan dengan kata-kata dan gerakan-gerakan pertobatan hati yang tulus. Dan kita mengatakan: "Kasihanilah aku, ya Tuhan. Aku adalah orang berdosa! Saya mengaku, Tuhan Yang Mahakuasa, dosa-dosa saya". Kita tidak mengatakan: "Ya Tuhan, kasihanilah orang di sebelah saya ini atau orang-orang yang berdosa". Tidak! "Kasihanilah aku!" Semua adalah orang-orang berdosa dan membutuhkan pengampunan Tuhan. Roh Kuduslah yang berbicara kepada roh kita dan membuat kita mengakui kesalahan-kesalahan kita dalam terang sabda Yesus. Dan itu Yesus yang samalah yang mengajak kita semua, orang-orang kudus dan orang-orang berdosa, ke meja-Nya dengan mengumpulkan kita di persimpangan-persimpangan  jalan utama, berbagai situasi kehidupan (bdk. Mat 22:9-10). Dan di antara kondisi-kondisi umum untuk mereka yang berpartisipasi dalam perayaan Ekaristi, dua yang hakiki : kita semua adalah orang-orang berdosa dan Allah memberi setiap orang kerahiman-Nya. Kita harus selalu ingat hal ini sebelum pergi kepada saudara untuk menawarkan koreksi persaudaraan.
 
K
ita  meminta semua ini melalui perantaraan Santa Perawan Maria, mencatat bahwa besok kita akan merayakan pesta liturgi Kelahiran-Nya.

[Setelah Doa Malaikat Tuhan]
Dalam beberapa hari terakhir telah memiliki langkah-langkah penting dalam pencarian gencatan senjata  di daerah-daerah yang terkena dampak konflik di Ukraina timur. Saya berharap bahwa mereka dapat membawa bantuan untuk penduduk dan berkontribusi terhadap upaya-upaya untuk sebuah perdamaian abadi. Saya berdoa agar, dalam logika pertemuan, dialog yang telah dimulai akan terus menghasilkan buah yang diharapkan.

Juga saya menambahkan suara saya kepada suara
para Uskup Lesotho, yang menyerukan perdamaian di negara itu. Saya mengutuk semua tindakan kekerasan dan berdoa kepada Tuhan agar Kerajaan Lesotho akan memulihkan perdamaian dan keadilan dalam persaudaraan.

Saudara dan saudari terkasih,
Saya menyambut semua peziarah dari Italia dan negara-negara lainnya, khususnya kelompok orang-orang Brasil, para mahasiswa Sekolah Santo Basilius Agung, Presov (Slovakia), umat beriman dari Sulzano (Brescia), Gravina di Puglia, Castiglion Fiorentino, Poggio Rusco (Mantova), Albignasego (Padua), Molino High (Vicenza), para anak laki-laki Peneguhan Matera, Valdagno dan Vibo Valentia.
 
Kepada Anda semua saya meminta Anda untuk mendoakan saya, dan saya berharap Anda hari Minggu yang baik dan makan siang yang baik. Sampai jumpa!