Liturgical Calendar

WEJANGAN PAUS FRANSISKUS DALAM DOA RATU SURGA DI LAPANGAN PALUNGAN BETLEHEM 25 Mei 2014

Saudara dan Saudari terkasih,
Ketika kita mempersiapkan untuk mengakhiri perayaan kita, pikiran kita beralih kepada Maria yang Tersuci, yang di sini, di Betlehem, melahirkan Yesus Putranya. Bunda kita adalah orang yang, lebih dari orang lain manapun, merenungkan Allah dalam wajah manusia Yesus. Dibantu oleh Santo Yosef, ia membungkus-Nya dengan kain lampin dan membaringkan-Nya di dalam palungan.

Kepada Maria kita mempercayakan tanah ini dan semua orang yang tinggal di sini, supaya mereka hidup dalam keadilan, perdamaian dan persaudaraan. Kita mempercayakan juga para peziarah yang datang ke sini untuk menimba dari sumber-sumber iman Kristiani - begitu banyak dari mereka juga hadir pada Misa Kudus ini.

Maria, menlindungi keluarga-keluarga kita, orang-orang muda kita dan orang-orang tua kita. Melindungi mereka yang telah kehilangan iman dan harapan. Menghibur orang-orang sakit, mereka yang dipenjara dan semua orang yang menderita. Menjaga para gembala Gereja dan seluruh komunitas orang percaya; semoga mereka sudi menjadi "garam dan terang" di tanah yang terberkati ini. Dukunglah seluruh pemrakarsa pendidikan, khususnya Universitas Bethlehem.

Merenungkan Keluarga Kudus di sini di Bethlehem, pikiran saya beralih secara spontan ke Nazaret, yang saya harap mengunjunginya, jika Allah berkenan, pada kesempatan lain. Dari tempat ini saya merangkul dengan kasih sayang umat beriman Kristiani yang hidup di Galilea dan saya menyatakan dukungan saya untuk pembangunan Pusat Keluarga Internasional di Nazaret.

Kita mempercayakan masa depan keluarga umat manusia kita kepada Maria yang Tersuci, agar cakrawala-ckrawala baru dapat terbuka di dunia kita, dengan janji persaudaraan, kesetiakawanan dan perdamaian.

Ratu Surga bersukacitalah, Alleluya, sebab Ia yang sudi kaukandung, Alleluya, telah bangkit seperti yang disabdakan-Nya, Alleluya. Doakanlah kami pada Allah, Alleluya. Bersukacitalah dan bergembiralah, Perawan Maria, Alleluya, sebab Tuhan sungguh telah bangkit, Alleluya. Ya Allah, Engkau telah menggembirakan dunia dengan kebangkitan Putra-Mu, Tuhan kami Yesus Kristus. Kami mohon, perkenankanlah kami bersukacita dalam kehidupan kekal bersama bunda-Nya, Perawan Maria. Demi Kristus, pengantara kami. Amin.